Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Forum Indonesia Muda merupakan wadah berkumpulnya anak-anak muda hebat dari berbagai penjuru negeri. Semua berjuang untuk mendapatkan kesempatan untuk mengikuti FIM. Bayangkan saja, total pendaftar FIM 18 mencapai angka 9800 orang. Sementara jatah peserta yang diterima hanya 165 orang. Lantas, mengapa begitu banyak orang yang sangat tertarik ikut forum Indonesia muda?

Banyak hal yang bisa didapatkan ketika bergabung dengan FIM. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Bertemu dengan pemuda-pemuda hebat dari berbagai daerah di Indonesia
  2. Tergabung dengan jaringan yang sangat luas dan hebat
  3. Mendapatkan materi dan pembekalan tentang leadership dan character building dari tokoh-tokoh hebat di Indonesia.
  4. Mendapatkan pembekalan untuk membuat proyek nyata bagi lingkungan masing –masing.
  5. Yang paling kece adalah mendapat pilihan calon pasangan hidup yang sangat berkualitas. Hihihi.

Dari beberapa manfaat diatas, tentu siapu pun memiliki ketertarikan yang sama untuk masuk FIM. Maka, dibutuhkan perjuangan yang sangat ekstra untuk bisa menembus gerbang seleksinya.

Saya pun baru berhasil menembus gerbang seleksi, setelah tahun kedua mendaftar. Dari mulai membuka website, mengisi form, mengisi essay dan lainnya dilakukan dengan sangat serius. Ingat, saat proses pendaftaran pun dilakukan dengan sungguh – sungguh.

Selanjutnya yang paling menegangkan adalah saat pengumuman. Rasanya pasrah saja, Allah tahu yang terbaik untuk hamba-Nya. Dan taraaaaa… Betapa bahagianya saat nama Fauzi Noerwenda pun menjadi salah satu peserta FIM 18. Spechless! Pokoknya sangat bersyukur.

Pasca pengumuman, yang paling ditunggu adalah pelatihan yang akan berlangsung selama 5 hari. Berbagai macam ekspektasi muncul sambil menerka-nerka hal yang akan terjadi selama pelatihan.

Ternyata sebelum pelatihan dimulai, hegemoni kehebatan FIM sudah terjadi lebih awal saat ada sebuah grup di line dan whatsapp yang berisikan peserta forum Indonesia muda 18.

Grup tersebut menjadi media untuk saling mengenal lebih awal, diskusi dan tentunya ajang persiapan menuju pelatihan di Cibubur. Belum juga bertemu, grup FIM di line dan whatsapp benar-benar membuktikan bahwa orang-orang FIM sangatlah hebat. Begitu banyak obrolan dan diskusi yang berbobot terjadi di grup. Bahkan setelah berhasil dikepoin, para peserta FIM 18 adalah orang-orang hebat dengan latar belakang yang berbeda. Sungguh, makin dag dig dug menyambut datangnya hari pelaksanaan FIM.

Segala bentuk persiapan dilakukan demi mendapatkan yang terbaik selama pelatihan. Dari mulai mengerjakan proyek komunitas, mempersiapkan seni dan budaya daerah, mencari baju adat dan masih banyak hal lainnya.

Detak waktu yang terus berputar seakan ingin memberitahukan bahwa momen terhebat dalam hidupmu akan segera tiba dalam tajuk “Forum Indonesia Muda”. Hingga akhirnya hari pelaksanaan FIM pun tiba.

Public seminar Forum Indonesia Muda di Balai Sarbini menjadi rangkaian acara pembuka FIM 18. Hadirnya peserta lebih dari 1000 orang menandakan bahwa acara forum Indonesia muda sangatlah luar biasa. Apalagi dalam seminar tersebut menghadirkan berbagai macam pembicara hebat, salah satunya walikota Bandung, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil.

Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Kang Emil saat menyampaikan materi di public seminar

Public Seminar menjadi gong yang membuat 165 orang semakin tegang untuk menantikan pelatihan yang sesungguhnya di cibubur. Pasca public seminar, peserta terpilih akan mendapat pelatihan selama 4 hari di PP PON Cibubur.

Lalu, apa saja yang peserta lakukan selama 4 hari pelatihan di cibubur?

Sebetulnya kalo saya ceritakan detail, jadinya kurang seru. Maka saya hanya akan menceritakan gambaran umum selama pelatihan di cibubur.

Acara sudah dimulai dari pukul 5 pagi dan baru selesai pukul 12 malam, bahkan bisa lebih karena selalu dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Wow kebayang kan padatnya acara pelatihan!!! Saking padatnya, selama 4 hari tersebut kami memiliki 4 kelompok berbeda. Dari mulai kelompok api ekpresi, kelompok diskusi, kelompok proyek komunitas dan kelompok outbond.

Setiap harinya selalu disajikan seminar yang menghadirkan berbagai macam tokoh – tokoh besar yang kompeten di bidangnya. Mulai dari Bunda Helvy Tiana, Bunda Septi Peni Wulandari, Pak Erie Sudewo, Direktur LPDP, Founder kitabisa.com, Founder Good News From Indonesia, Founder labolla dan masih banyak lagi.

Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Pasca Bunda Helvy menyampaikan materinya tentang menulis

Momen yang paling ngangenin saat materi berlangsung adalah melihat wajah kawan-kawan peserta yang ngantuk. Tak jarang diantaranya tertidur karena kelelahan. Namun, hal tersebut tak menyulutkan semangat belajar semua peserta. Dengan segala upaya, mereka mengatur diri untuk siap menerima berbagai macam materi.

Selain materi, aktivitas lainnya adalah diskusi bersama fasilitator kelompok. Fasilitator merupakan bagian panitia yang juga alumni FIM angkatan sebelumnya. Diskusi bersama fasil selalu menimbulkan kehangatan. Inilah momen saat peserta bisa bercengkrama lebih dekat dengan peserta lainnya.

Kegiatan yang paling dinanti berdasarkan pengalaman alumni adalah API EKSPRESI. Api ekspresi merupakan ajang untuk menampilkan potensi seni dan budaya sesuai dengan topik yang disiapkan panitia. Momen ini pula yang menjadi aksi unjuk gigi dari kawan-kawan dengan kemampuan seni yang baik. Dari mulai tari saman, tari kecak, drama musikal, puisi, pantomim dan lainnya. Semua unsur seni menjadi satu sehingga menyuguhkan keindahan ekspresi yang sangat memukau.

Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Sesi Api Ekspresi

Oia, ada hal yang perlu kalian ketahui dari FIM. Ada satu aktivitas luar biasa yang jarang ditemukan di forum lainnya. Hampir sebagian besar alumni mengatakan bahwa hal tersulit yang bisa dilakukan peserta adalah BERTANYA. Yes, hampir semua peserta selalu ingin bertanya. Hingga sesi pertanyaan selalu menjadi ricuh karena banyaknya peserta yang ingin bertanya. Sungguh, pemandangan itu yang selalu dirindukan. Di sesi FIM tersebut, saya pun hanya berhasil mengajukan satu pertanyaan saja.

Satu hal berbeda yang ditanamkan FIM adalah tentang menjadi seorang pemimpin yang mencintai tanah air dan siap berkontribusi bagi daerah tempat tinggal masing-masing. Sesi proyek komunitas menjadi ajang peserta untuk membuat proyek nyata bagi daerahnya.

Ada banyak ide hebat yang peserta ajukan. Semuanya begitu mulia dan membuat saya haru. Ternyata begitu banyak anak-anak yang masih peduli dengan Indonesia. Apalagi saat mendengar cerita kawan-kawan dari perbatasan, makin membuat diri ini NOL dan sadar bahwa selama ini saya belum berbuat apa-apa.

Saat detak waktu berputar, kami menyadari bahwa tak lama lagi pelatihan akan segera berakhir. Sadar akan hal itu, setiap peserta mengoptimalkan waktu untuk saling mengenal lebih dalam. Mulai dari tukar kartu nama sampai ngobrol empat mata tentang hal yang lebih dalam. Semua berupaya agar sisa waktu di FIM semakin penuh makna.

Akhirnya rangkaian acara FIM berakhir dengan permainan atau outbond. Sesi ini menjadi simulasi tentang sejauh mana peserta mampu mengaplikasikan materi di dalam sebuah permainan. Tentu kali ini lebih menyenangkan. Akhirnya kami pun terlarut dalam kebersamaan yang sangat membahagiakan.

Hanya saja, pertemuan indah selama 5 hari pun harus segera berakhir. Inilah momen menyedihkan yang dialami peserta. Rasanya waktu 5 hari terlalu singkat untuk bertemu dengan orang-orang luar biasa di forum Indonesia muda. Bahkan juga menyesal karena tidak mengoptimalkan waktu untuk mengenal peserta lainnya lebih dalam.

Berbagai macam penyesalan dan kesedihan muncul karena begitu berharganya FIM bagi semua peserta. FIM adalah keluarga. FIM menyatukan kami yang berasal dari berbagai rumpun yang berbeda. FIM menjadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk terus berkolaborasi.

Sungguh, menjadi bagian dari forum Indonesia muda adalah salah satu bagian terindah dalam kehidupan yang saya lalui. Apakah Anda selanjutnya yang akan menjadi bagian dari keluarga besar FIM?

FIM bagi kami akan tetap menjadi ruang untuk terus berkolaborasi. Ruang dimana para pemuda siap beraksi untuk memberikan aksi nyata bagi Indonesia.

Siapkah Anda?

Sebelum saya akhiri, saya ucapkan terima kasih banyak untuk Pak Elmir dan Bunda Elmir yang sudah berjuang membangun forum Indonesia muda. Terbukti, FIM menjadi media yang sangat efektif untuk berkolaborasi.

Semoga kebaikan Pak Elmir dan Bunda menjadi pahala berlipat dari Sang Maha Pencipta. Aamiin.

Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Seluruh Peserta Forum Indonesia Muda 18

Forum Indonesia Muda,

Aku Untuk Bangsaku.

 

Kindly Regards,

Fauzi Noerwenda

FIM 18

Advertisements

9 thoughts on “Mengapa Forum Indonesia Muda begitu diminati banyak orang? Ini dia cerita rahasianya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s