Teruslah Melangkah, Teruslah Berjalan…

Pantai Sawarna

“Perjalanan adalah rangkaian indah untuk saling mengenal antara diri dan lainnya”

-Fauzi Noerwenda-

Canda, tawa, haru, sedih bahkan marah senantiasa menjadi bumbu-bumbu dalam satu perjalanan. Tanpa sadar, hal itu menjadi kenangan indah yang selalu ingin terulang.

Awal bulan mei, saya dan teman – teman kelas inspirasi sukabumi mendapatkan perjalanan indah ke Pantai Sawarna, Banten. Kami melakukan perjalanan dengan asas dan tujuan yang sama, bersenang-senang sambil menikmati alam ciptaan Sang Maha Kuasa.

Toyota Avanza menjadi saksi riangnya kami saat perjalanan berlangsung. Bagaimana tidak, hampir 8 jam kami bersama melewati waktu dalam kendaraan.

Tak ayal, banyak hal yang kami lakukan sepanjang perjalanan. Ngobrol masalah karir hingga jodoh, mendengarkan lagu, ngemil makanan sampai habis dan pastinya tidur. Sungguh tak disadari, ternyata momen inilah yang semakin mendekatkan kami berenam.

Saat itu kami pergi berlibur bersama 6 orang tim kelas inspirasi dan 1 orang supir yang mendampingi. Keenam orang itu adalah A Rismat, Angga, Siluth, Adita, Nur Septi dan saya sendiri.

A Rismat, seorang guru matematika yang juga sosok tertua diantara kami berenam. Orangnya tangguh dan penuh perjuangan. Kesuksesan kelas inspirasi sukabumi 1 tak bisa lepas dari perannya yang sangat efektif. Berjuang seorang diri untuk survei sekolah, tempat refleksi dan hal lainnya. Kini beliau pun masih berjuang untuk melepaskan masa lajangnya. Ada yang berminat?

Angga Ferdian, seorang bankir di sebuah bank swasta. Hampir 15 tahun saya mengenal Angga. Dari SD sampai kuliah kami selalu bersama. Sosoknya dari dulu tetaplah sama. Konyol, Koclak dan pastinya selalu dengan kejutan-kejutan yang membuat kami selalu terhibur.

Siti Luthfah, seorang guru SD di Jakarta. Siluth ini adalah orang yang visioner dan oportunis. Beliau lah sosok dibalik terselenggaranya kelas inspirasi sukabumi 1. Kini selain mengabdi sebagai pengajar, beliau pun sedang mempersiapkan diri melanjutkan studi pascasarjana.

Adita, seorang guru SD yang juga wali kelas dari keponakan lucu saya. Cewek lulusan UPI ini banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak. Wow, sudah terbukti deh kualitasnya sebagai ibu. Ketulusan cintanya sudah teruji. Eitsss, cewek yang satu ini punya hobi yang unik. Hobinya itu gemar pake lipstick. So, buat Anda yang tertarik tolong siapkan lipstick yang banyak yah. ^_^

Nur Septi, seorang ahli IT yang bekerja di Jakarta yang akrab disapa Teh Eti. Sejak SMP saya sudah mengenal eti. Sosoknya yang ramah, kalem dan penyabar membuat beliau menjadi pribadi yang sangat dewasa. Semakin berumur, kepribadiannya semakin dewasa. Arghh, ibu banget dah.

Well, itulah kelima orang yang membersamai saya dalam perjalanan ke pantai sawarna. Yes, mereka semua adalah orang – orang hebat. Maka dapat dipastikan bahwa perjalanan yang dilakukan pun adalah perjalanan hebat.

Pantai Sawaran

Ini dia keenam cowok dan cewek kece Kelas Inspirasi Sukabumi. Dari kanan ke kiri. A Rismat, Angga, Fauzi, Siluth, Adita dan Nur Septi.

Sekarang waktunya cerita Sawarna. Tulisan diatas hanyalah awalan saja. Kalo di film perkenalan tokohnya. Jadi sudah siap menyimak cerita Sawarna?

Siapkan uang yang banyak yah karena khawatir kamu jadi mupeng pengen main ke sawarna. ^_^

Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di wilayah Banten. Suasananya masih ramah lingkungan bersih dan pantainya pun berpasir putih. Hingga saat ini, sawarna belum terlalu terjamah banyak orang. Jadi akses menuju kesana masih akan melewati banyak jalan yang kurang baik. Well, semuanya menyenangkan kok.

Karena waktu terbatas, kami hanya sempat mengunjungi goa langir dan tanjung layar. Padahal masih banyak tempat indah yang bisa dikunjungi di wilayah pantai sawarna.

Sebenarnya saya gak akan cerita banyak soal pantai. Kalo bahas pantai pasti gampanglah, ada air asin, pasir, karang, ombak dan lainnya. Iya kan?

Kali ini, saya ingin menceritakan pembelajaran yang kami dapatkan dari alam dan kebersamaan kami.

Perjalanan ini menyadarkan kami tentang arti pentingnya diri dalam kehidupan. Pada dasarnya, setiap orang punya perannya masing – masing. Setiap peran itu berfungsi sesuai dengan tugasnya. Semua saling berkolaborasi.

Mentari berperan untuk terbit setiap pagi dan terbenam setiap senja. Mentari menjadi pertanda sebagai tumpuan aktivitas manusia.

Ombak berperan untuk memberikan tumpahan air yang sangat deras sehingga orang – orang bisa bermain surfing dengannya.

Pasir putih berperan sebagai pijakan lembut yang membuat orang tergerak untuk melangkah lebih jauh ke pesisir pantai.

Biota laut berperan sebagai permata yang membuat laut menjadi lebih indah dan cantic.

Semua hal dalam kehidupan memiliki perannya masing – masing. Manusia pun sama, terlahir dengan peran mulia yang boleh jadi berbeda –beda. Sudahkan kita menyadarinya?

Dibalik peran berbeda, sesungguhnya kita melangkah dengan tujuan yang sama, meraih ridho Allah. Jadi mengapa masih sering mengeluh dengan peran yang kita dapatkan?

Kalian yang menjadi guru, jadilah guru yang mampu menjadi teladan bagi murid – muridnya.

Kalian yang menjadi karyawan, jadilah karyawan yang mampu berkontribusi untuk perusahaannya.

Kalian yang menjadi pelajar, jadilah pelajar yang selalu rajin belajar sehingga kelak mampu menjadi generasi pelopor bangsa ini.

Maka, peran mana yang tidak berharga? Setiap orang sangat berharga.

Jangan berhenti melangkah. Perjalanan masih panjang kawan. Bumi ini menantikan karya – karya indahmu yang sangat luar biasa. Hanya satu kuncinya, jalani dengan penuh kesyukuran.

Bagiku, perjalanan ke sawarna bukan sekedar perjalanan. Didalamnya, terdapat cinta yang menguatkan. Layaknya pantai yang selalu mempesona, mari buat diri kita mempesona dengan karya – karya untuk bangsa ini.

Pantai Sawarna

Teruslah melangkah, Teruslah berjalan!

 

Kindly regards,

Fauzi Noerwenda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s