Kata siapa BLANK itu masalah?

Blank Public Speaking

Berbicara itu susah susah gampang. Bagi yang susah artinya susah, tapi bagi yang gampang artinya gampang. Wih, kamu masuk yang mana guys? Ngerasa susah ngomong atau malah gampang?

Saya percaya bahwa setiap orang punya potensi untuk tampil baik di depan banyak orang. Tinggal bagaimana kita mau melatih diri agar semakin terbiasa.

Banyak orang bilang public speaking itu susah? Betulkah?

Sebagian besar alumni Ganesha Public Speaking pada awalnya mengatakan hal yang sama. Public speaking itu susah, gak berani tampil, takut nge-blank dan lainnya.

Well, selalu ada tantangan dalam setiap perjalanan . Salah satu hal yang paling ditakuti orang-orang saat mau tampil yaitu BLANK!

Padahal udah persiapan optimal, tapi tetep aja blank. Udah berulang kali latihan di depan cermin, di depan orang sampai di depan makhluk halus, eh tetep aja blank. Kok bisa sih udah persiapan mateng tapi tetep aja nge-blank?

Kalo dari redaksi diatas, nge-blank itu kayaknya masalah. Kalian sepakat kalo blank itu masalah? Berdasarkan pengalaman yang saya temukan dari alumni Ganesha Public Speaking, ternyata hampir sebagian besar orang sepakat bahwa nge-blank itu masalah. Alhasil, begitu banyak orang yang kalut saat blank melanda. Pokoknya udah ngerasa berat deh buat tampil, seakan-akan gak ada solusi lagi. Hayo ngaku?

Kabar baiknya, saya punya 3 tips rahasia yang bakal dibagikan untuk mengatasi blank. Tapi sebelumnya, ada hal yang pengen saya bahas dulu tentang blank. Yuk kita samakan persepsi kita terlebih dahulu tentang blank.

Kawan-kawanku yang saya cintai, kata siapa blank itu masalah? Yes, blank akan menjadi masalah jika Anda menganggap sebagai masalah. Namun blank akan menjadi hal biasa jika Anda menganggap blank adalah hal yang biasa. Ngerti maksudnya? Silahkan cerna dulu yah.

Sebagai manusia yang tak luput dari dosa, maka blank sangat wajar terjadi. Bahkan saat Anda berlatih berulang kali pun blank bisa saja terjadi. Kok bisa?

Blank itu merupakan dampak dari grogi yang sedang dialami. Grogi sendiri merupakan rasa takut yang tak bisa dihilangkan. Artinya, hal itu terjadi secara alamiah sebagai respon terhadap diri. Selanjutnya tinggal kita atasi dan salurkan dengan hal-hal yang baik.

Saya pribadi sering kok mengalami blank di depan umum. But, show must go on. Saat saya nge-blank, saya lanjut aja bicara. Lah orang audience ga tau apa yang mau saya sampaikan. Selama saya stay cool, audience ga curiga kalo saya lagi nge-blank.

Nah kalo saya pas nge-blank langsung gemetaran dan bersikap aneh, audience bakal langsung curiga dengan Anda.

Hayo biasanya sikap seperti apa yang sering Anda tunjukan?

Jadi, blank bukan lagi masalah kan guys? Sikapi aja dengan menyenangkan. Show must go on!
Eh btw, tadi saya bilang mau share 3 tips untuk mengatasi blank yah?

3 tipsnya saya tulis di tulisan setelah ini yah. Sekarang resapi dulu tulisan diatas sampe Anda merasa baper dan mencoba untuk melakukannya.

Oke guys sekian dulu tulisan tentang blank-nya. Nantikan tulisan selanjutnya tentang “3 tips mengatasi blank”.

Selamat membaca. Selamat menjadi orang yang senang dengan BLANK ^_^

Kindly Regards,

Fauzi Noerwenda

Trainer Ganesha Public Speaking

Advertisements

One thought on “Kata siapa BLANK itu masalah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s