Wow, belajar Public Speaking itu GAMPANG!

Sejak memutuskan menjadi trainer profesional tahun 2012, saya bertemu dengan berbagai macam alumni training dengan karakter yang berbeda. Dalam 4 tahun ke belakang, saya mencoba mengamati setiap keunikan dari alumni training yang pernah saya pandu.

Selama 4 tahun, saya melatih public speaking bersama tim Ganesha Public Speaking. Secara umum, kami membagi dua level public speaking yaitu level basic dan level advanced.

Level basic adalah tingkatan untuk orang-orang yang masih belum berani tampil, masih malu-malu, punya beban yang tinggi kalo disuruh maju, pokoknya takut deh untuk tampil.

Sementara level advanced adalah tingkatan orang-orang yang sudah terbiasa tampil dan mempunyai rasa percaya diri yang baik.

Kali ini, yang akan saya bahasa adalah kasus dan pengalaman saat melatih di tingkatan dasar.

Sebagian calon peserta kelas basic datang dan mengatakan bahwa mereka takut untuk tampil, malu dan banyak ketakutan lainnya. Semua mereka utaran dengan penuh ketakutan seakan-akan hal tersebut tak bisa diatasi lagi.

Namun saat saya tanya balik, “pernahkah diantara Anda yang memiliki ketakutan tersebut mencoba untuk tampil dan menghadapinya?”

Ternyata hampir sebagian besar jawabannya BELUM. Mereka sama sekali tidak berani tampil. Padahal ketakutan itu muncul sebelum kita tampil. Ketakutan itu hanyalah bayangan semu yang muncul sebelum kita tampil.

Well, calon peserta training pun datang dengan satu alasan yang sama. SAYA INGIN BISA TAMPIL DI DEPAN BANYAK ORANG. Bisakah?

Alhamdulillah, saya dan tim Ganesha Public Speaking sudah mempunyai metode untuk melatih orang-orang yang awalnya malu menjadi malui-maluin, yang awalnya takut menjadi percaya diri, yang awalnya gak mau maju akhirnya jadi ketagihan maju. Kok bisa?

Sederhana saja, pada dasarnya PUBLIC SPEAKING itu GAMPANG kok. Sekali tampil langsung ketagihan. Sekali maju langsung pengen maju berkali-kali.

Semua hanya perlu dibawa santai dan menyenangkan. Hhmmm penasaran kan gimana caranya?

Nantikan tulisan selanjutnya atau langsung kunjungi website Ganesha Public Speaking di www.gpssbandung.com

Mau kan bisa belajar Public Speaking? Yuk berlatih bersama.

Advertisements

4 thoughts on “Wow, belajar Public Speaking itu GAMPANG!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s