Kenali Dirimu

Kenali Dirimu

“Perjalanan terjauh adalah perjalanan untuk mengenal diri sendiri”

-Natisa-

Dalam sesi training motivasi yang saya ikuti, bab “kenal diri” selalu menjadi pembahasan utama. Salah satu poin kunci utama untuk meraih kesuksesan adalah dengan mengenal diri. Semakin kenal dengan diri, tentu akan semakin tahu kekuatan yang ada pada diri. Kekuatan itulah yang akhirnya menjadi modal untuk mengembangkan setiap kemampuan yang kita miliki.

Berbagai macam metode yang disampaikan dalam sesi training ternyata tak cukup untuk mengenal siapa diri kita yang sesungguhnya. Pada saat itu, kita baru memahami diri dari cangkangnya saja, Perlu ada sesi khusus untuk mendalami isi dirinya.

Sesi khusus tersebut ada dalam kehidupan nyata. Berbagai macam aktivitas mempertemukan kita dengan ragam hal yang kita sukai atau tidak. Secara tidak sadar, kita sedang melakukan seleksi tentang hal apa yang kita sukai. Proses kenal diri pun dimulai.

Sayangnya, proses kenal diri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Akan banyak pengorbanan yang kita hadapi, seperti sakit hati, kecewa, bingung, bahagia sampai letih pun dirasakan. Mengapa? Karena memang perjalanan terjauh dalam kehidupan adalah perjalanan untuk mengenal diri sendiri.

Ada sebuah metode yang dilakukan guru saya untuk membantu murid-muridnya mengenali diri. Dalam sebuah gerakan yang beliau dirikan, metode tersebut menjadi gaya khas beliau dalam berkomunikasi.

Beliau tak pernah melarang apapun yang muridnya lakukan. Satu pesan yang beliau sampaikan adalah menjadi orang gila. Iya, orang gila! Artinya apa?

Artinya, mumpung usia kita masih muda, lakukanlah hal-hal yang luar biasa dalam hidup. Jangan sampai hidup kita dibatasi oleh satu kondisi. Jadilah orang gila yang tak berpikir apapun. Proses itulah yang akhirnya akan menjadi sebuah pijakan hingga kita menemukan “Aha momennya”, INILAH DIRIKU.

Pencarian jati diri memang penuh tantangan. Awalnya akan terbentuk pola dimana kita merasa malu dalam berbuat. Bahkan tak tahu apa yang akan dilakukan dalam hidupnya. Namun apa yang terjadi saat kita mengenal siapa diri kita?

Orang yang mengenal dirinya akan menemukan kebebasan dirinya Ibarat burung yang terbang di angkasa dan ikan yang berenang di lautan. Pada akhirnya ia akan bahagia dengan segudang aktivitas yang ia lakukan.

Proses mengenal Tuhan pun diawali dengan mengenal diri. Maka orang dengan tingkat keimanan yang begitu kuat sudah sangat kuat pula dalam mengenal dirinya. Kenal diri pun menjadi landasan dalam kehidupan. Semua akan bermuara dari mana kita berasal dan akan kemana kita pulang. Sejatinya, mengenal diri adalah proses agar persinggahan kita di bumi ini agar kita menemukan makna hidup sebelum kembali pulang ke negeri abadi.

Jadi, siapkah Anda berusaha untuk mengenal siapa diri Anda? Mulailah dengan merenungi mengapa Anda diciptakan di bumi ini dan kemana langkah kaki Anda nantinya berjalan. Teruslah berbaik sangka dalam setiap perenungannya, karena hakikat kehidupan yang sedang kita jalani adalah kehidupan terbaik dari Sang Pencipta.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s