Sepak Bola dan Kebersamaan

Sepak Bola dan Kebersamaan

“Kekuatan hebat dalam sebuah tim dalam mencapai tujuan adalah KEBERSAMAAN” 

Sepak bola adalah olahraga yang sangat disukai masyarakat. Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit bagi setiap negara dibelahan dunia ini. Hegemoni masyarakat dengan sepak bola tak bisa diragukan lagi. Dari mulai nonton di TV sampai ke stadion pun dilakukan. Bahkan ada yang sampai rela menghabiskan waktunya hanya untuk sepak bola.

Apa sih sisi menarik sepak bola sampai masyarakat menyukai olahraga tersebut? Dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskan tentang filososfi sepak bola. Namun saya hanya akan mengangkat satu hal yang membuat permainan sepak bola semakin berarti. Hal ini saya sendiri rasakan karena sepak bola adalah salah satu hobi yang juga saya sukai.

Sepak bola adalah olahraga yang melibatkan banyak orang, tepatnya 11 orang. Untuk menjadi sebuah tim yang solid tentu sangat diperlukan kerja sama tim yang oke. Hal itu hanya akan terwujud saat masing-masing pemain merasakan yang namanya kebersamaan.

Kebersamaan adalah satu kata berjuta makna. Permainan sepak bola bisa menjadi media untuk mengikat kebersamaan. Saat saya masih sering bermain bola, hal yang sering ditekankan pelatih adalah kerja sama tim. Kunci dari kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah kerja sama tim. Maka sepak bola bukan bicara soal individualisme, percuma skill melangit tapi kerja sama nol.

Siapa yang tak kenal Barcelona? Tim yang digadang-gadang menjadi salah satu tim terkuat yang ada di dunia. Barca mampu menampilkan permainan atraktifnya dengan kerja sama tim yang bagus. Walaupun kualitas pemain berbeda-beda, namun kebersamaan mampu menyatukan meraka menjadi sebuah tim yang sangat kuat di kancah persepakbolaan.

Secara naluriah, ternyata orang-orang pun lebih suka melihat pertandingan yang timnya sangat kompak dalam bermain. Ada seni yang membuat penonton semakin terhibur tatkala pertandingan menampilkan pertandingan yang syarat dengan kebersamaan. So, teamwork is the important thing in football.

Hal tersebut ternyata berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, kita tak bisa hidup sendiri. Selalu butuh peran orang lain dalam menjalani kehidupan. Kebersamaan adalah hal yang tak bisa dielakan lagi. Kebersamaan adalah kunci untuk membentuk kehidupan yang harmonis.

Bukan hal mudah untuk membentuk kebersamaan. Perbedaan karakter setiap orang membuat hal tersebut menjadi semakin menarik. Terkadang kita sendiri selalu memainkan ego sendiri dalam berinteraksi, tak ayal perdebatan selalu muncul. Kebersamaan itu muncul untuk menyatukan berbagai macam perbedaan.

Maka kunci untuk menerima semua perbedaan adalah dengan selalu berbaik sangka kepada setiap orang. Percayalah manusia adalah tempatnya salah dan khilap. Namun ingat bahwa manusia pun mempunyai kelebihan. Maka fokuslah pada kelebihan dan buatlah kebersamaan itu menjadi nyata.

Kebersamaan terbentuk karena seringnya kita bersama. Entah dengan jalan bareng, makan bareng bahkan sampai tidur bareng. Seringnya kita bersama akhirnya membentuk chemistry yang makin erat. Inilah awal mula kebersamaan itu terbentuk. Hal tersebut bisa diperkuat dengan selalu berhusnudzan agar apa pun yang kita lakukan selalu diawali dengan prasangka yang baik.

Yuk selalu berhusnudzan agar kebersamaan yang kita bangun makin bermakna dan hidup makin harmonis.

@FauziNoerwenda

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s