Ayo Mondok

Ayo-Mondok-Pesantrenku-Keren

“KEPRIBADIAN seseorang akan tercermin dari LINGKUNGAN ia bergaul”

Pesantren adalah tempat terbaik yang saya temukan sepanjang perjalanan hidup ini. Namun tahukah Anda, ternyata dulu pesantren punya image yang khas di kalangan masyarakat. Waktu itu, kalo ada anak-anak yang nakal, gak nurut ke orang tua, maka anak tersebut akan di pesantrenkan. Pesantren kala itu menjadi tempat buangan bagi anak-anak yang bandel. Tak jarang kita dengar bahwa pesantren adalah penjara bagi santrinya. Namun kalo kita telaah, mengapa harus pesantren? Padahal banyak loh tempat yang lain?

Jawabannya sederhana ternyata, kenapa sih rata-rata orang menjadikan pesantren sebagai tempat “buangan” bagi anak-anak bandel? Karena sudah banyak orang yang melihat buktinya, orang-orang yang belajar di pesantren menjadi seseorang yang berubah menjadi lebih baik lagi.

Walaupun di awal terkesan negatif, namun Alhamdulillah perubahannya positif. Seiring berjalannya waktu, pesantren tidak lagi mendapat stigma negatif seperti tadi. Bahkan kini pesantren menjadi tujuan utama sebagai referensi tempat untuk belajar.

Lalu apa sih rahasia yang membuat pesantren bisa menjadi lingkungan yang kondusif dalam belajar? Pesantren adalah kumpulan orang-orang pembelajar, dipandu dan dibina oleh para ustadz yang kompeten dan sanad keilmuannya jelas, setiap harinya penuh dengan kegiatan positif. Pesantren senantiasa mengajarkan santinya untuk selalu BERHUSNUDZAN dalam setiap ketetapan yang Allah berikan. Mana ada waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat!

Pesantren membentuk lingkungan yang positif. Jadi sangat wajar anak-anak yang awalnya bandel bisa berubah menjadi lebih baik. Lingkungan mendidik para santri untuk selalu berbuat baik. Secara tidak langsung semua akan terlibat sehingga kepribadiannya pun akan ikut berubah.

Saya mengenal pesantren baru diakhir tahun 2012 ketika saya kuliah. Sangat telat memang, namun masuknya saya ke pesantren adalah keputusan terbaik yang pernah saya lakukan dalam hidup. Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir menjadi kawah candradimuka bagi saya dalam menggembleng diri menjadi lebih baik.

Pesantren membuat saya mau tidak mau harus sholat berjamaah, ta’lim, bangun pagi, kerja bakti dan yang lainnya. Satu hal pula yang saya dapatkan adalah tentang HUSNUDZAN. Saya belajar untuk berprasangka baik sehingga memiliki akhlak mulia.

Saya kira pengalaman kawan-kawan yang sudah mondok bertahun-tahun sangatlah banyak. Jika kawan-kawan ingin berbagi pengalaman mondoknya, silahkan email ke: [Fauzinoerwenda@ymail.com]. Insya Allah tulisan kawan-kawan akan saya posting di blog sehingga bias menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa lingkungan memberikan peran yang sangat signifikan dalam perubahan seseorang. Maka pastikan kawan-kawan semua memilih lingkungan yang tepat untuk belajar dan bertumbuh. Saran terbaik saya, pilihlah pesantren sebagai tempat utama dalam belajar. Rasakan sendiri bagaimana pesantren berhasil menggembleng santrinya menjadi pribadi yang luar biasa. So, #AyoMondok kawan-kawan semua.

@FauziNoerwenda

 

Leave a Reply

