Tak Kunjung Pandai

Tak Kunjung Pandai.jpg

“Saya adalah manusia BODOH yang tak kunjung PANDAI”. -Gus Mus-

Kehidupan adalah proses belajar yang tak akan pernah henti. Saat sudah mengetahui suatu hal, akan selalu hadir hal baru yang akan kita pelajari lagi. Bahkan sebanyak apapun yang sudah kita pelajari, nyatanya itu hanya sebagia kecil dari ilmu Allah yang sudah kita ketahui. Lantas, pantaskah kita sombong dan sok tahu?

Hal tersebut pernah saya alami ketika masih menjadi mahasiswa. Pikiran yang masih idealis membuat saya kadang suka sok pinter. Mentang-mentang sudah tahu satu hal jadi merasa tahu segalanya. Rasanya sering sekali seperti itu. Alhasil saya bersikap yang seolah-olah paling tahu segalanya.

Makin belajar lebih dalam, justru kini saya sadar bahwa saya semakin bodoh. Ya Allah banyak sekali ilmu yang belum saya ketahui. Adapun yang saya tahu saat ini adalah titipan dari-Mu. Maka sepantasnya ilmu yang saya ketahui adalah bekal untuk berbuat kebaikan bukan untuk sok sok-an.

Ada kisah menarik saat saya terjun untuk pertama kali ke industri training. Bekal yang menguatkan saya adalah kemampuan public speaking. Tentu karena merasa sudah mumpuni, perjalanan di industry training sangatlah mudah bahkan merasa bahwa modal saya sudah cukup. Namun semua berubah saat saya belajar lebih dalam tentang fundamental training skill. Ya Allah masih banyak hal yang belum saya pelajari. Maafkan diri yang selalu sok tahu.

Pada intinya hidup adalah proses pembelajaran. Saat ada hal yang kita dapatkan, jadikan itu sebagai rangkaian ilmu baru. Hal yang mesti kita ingat bahwa belajar adalah proses yang tak akan ada hentinya. Semua kembali bagaimana cara kita menyikap proses belajar.

Jika kita belajar hanya untuk sekedar dapat ijazah, dapat kerja dengan gaji tinggi atau dipandang baik keluarga, boleh jadi itulah yang kita dapatkan. Maka saying rasanya jika hanya itu yang kita dapatkan. Untuk itu lebih baik fokuskan orientasi belajar kita sebagai piranti ibadah untuk menggapai ridho-Nya Allah. Rasanya itu lebih indah dibanding apapun. So guys, siap untuk menjadikan belajar sebagai piranti ibadah untuk menggapai ridho Allah?

Yuk mulai dari sekarang dengan selalu bersikap baik atau berhusnudzan saat mencari ilmu.

@FauziNoerwenda

Leave a Reply

