Membangun Sikap Mental Positif

Sikap Mental Positif

“Cara pandang terhadap kehidupan berawal dari SIKAP MENTAL yang kita miliki”

Saat mengikuti seminar tentang “Masyarakat Kompeten Siap Hadapi MEA” di Bandung, ada salah seorang dosen yang memberikan pernyataan sangat menarik. Beliau menyampaikan bahwasannya mahasiswa yang beliau ajar kurang begitu berani dalam melakukan hal-hal besar. Kegiatannya hanya cakupan kampus. Sebagai dosen kewirausahaan, beliau melihat bahwa mahasiswanya kurang berani bergerak lebih luas. Beda dengan mahasiswa di luar negeri yang berani berkarya bahkan cakupannya sampai internasional.

Pernyataan beliau menjadi bahan diskusi menarik bagi beberapa narasumber seminar yang kala itu juga dihadiri oleh staf ahli walikota Bandung. Beberapa narasumber pun sepakat bahwa salah satu kendala yang dimiliki oleh mahasiswa di Indonesia adalah belum terbangunnya SIKAP MENTAL yang positif. Hal itu membuat sebagian mahasiswa merasa kurang percaya diri atau minder dalam menghadapi kehidupan secara umumnya.

SIKAP MENTAL yang tertanam adalah SIKAP MENTAL yang negatif. Pada akhirnya, saat ada peluang besar untuk bertumbuh, sebagian diantara kita tidak berani mengambil resiko. SIKAP MENTAL ini berujung dengan perilaku yang membuat sebagian besar orang selalu merasa tidak punya kelebihan.

Untuk itu kita perlu memiliki SIKAP MENTAL POSITIF. Pada dasarnya setiap orang terlahir dengan berbagai macam kelebihan. Hanya ada yang mampu mengoptimalkan kelebihan tersebut, ada juga yang masih belum tahu cara mengoptimalkannya. Salah satu cara untuk mengoptimalkan kelebihan adalah dengan menanamkan SIKAP MENTAL POSITIF.

Saat SIKAP MENTAL POSITIF sudah terbangun, maka kita akan menemukan berbagai hal positif dari hal yang kita kerjakan. Bahkan apapun yang kita kerjakan akan selalu disyukuri. SIKAP MENTAL POSITIF bukan hanya mengubah paradigm, melainkan juga menumbuhkan rasa percaya diri atas kemampuan diri sehingga nantinya akan banyak pribadi yang kompeten dan berperan bagi pembangunan neger ini.

Maka mulailah bangun SIKAP MENTAL POSITIF saat ini juga.

@FauziNoerwenda

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s