Self Appreciate

Self Appreciate

“Kebahagiaan bukan terdapat dari banyaknya prestasi melainkan dari hal-hal yang selalu kita syukuri”

Sejak tahun 2012 saya memutuskan untuk tinggal di pesantren di daerah Dago, Bandung bernama PPM Miftahul Khoir. Sejak saat itu ada sebuah perasaan berbeda yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Padahal saat masih kuliah ada banyak hal yang bisa saya raih baik dari hal akademis maupun non akademis, namun tetap saja diri merasa biasa saja. Lingkungan pesantren yang merupakan tempat tinggal baru bagi saya mengajarkan satu hal penting yang selama ini saya lupakan, hal itu adalah menghargai setiap pencapaian kecil.

Menghargai setiap pencapaian dalam diri merupakan salah satu bentuk syukur yang harus senantiasa kita lakukan. Apalah arti pencapaian besar jika kita tidak puas dan tidak mensyukurinya. Salah satu kunci sukses orang-orang besar adalah dengan selalu menghargai setiap pencapaian kecilnya. Ada lagi hal yang sangat penting namun sering dilupakan adalah menghargai diri sendiri,

Setiap pribadi yang terlahir ke muka bumi adalah sosok insan yang diberikan anugerah terindah dari Tuhan. Semua sudah komplit dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Namun mengapa masih saja ada yang belum berhasil? Karena masih saja ada orang yang belum menghargai kelebihan dirinya. Orang seperti itu hanya fokus pada kekurangan dirinya. Hargailah diri sendiri dan syukuri setiap hal yang kita raih setiap waktunya.

Setelah mampu menghargai diri sendiri, hal yang selanjutnya tidak boleh dilupakan adalah menghargai orang lain. Sebagai makhluk sosial tentu kita tak akan pernah lepas dengan yang namanya interaksi. Agar interaksi berjalan dengan baik, berikanlah penghargaan terbaik kepada orang-orang disekitar kita.

Dalam proses berkarir, akan selalu ada tantangan disertai berbagai macam pencapaian. Prosesnya bisa saja memakan waktu yang panjang. Namun itu semua tak akan pernah terasa jika dalam setiap pencapainnya kita selalu mensyukuri setiap hal yang sudah terjadi. Maka, jadilah pribadi yang selalu menghargai diri dan orang lain serta setiap pencapaian kecil dalam hidup kita.

@FauziNoerwenda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s