Self Mental

Photo Credit: timsamoff via Compfight cc

“Setiap kita BERPIKIR bahwa masalahnya disana, PIKIRAN itu sendiri merupakan MASALAH”

Ungkapan diatas merupakan hal yang berasal dari literatur barat yang pada intinya mengajarkan bahwa apabila kita selalu melihat kesalahan, maka yang kita lakukan selalu menjadi hal yang salah.

Masih ingat tulisan saya kemarin tentang Optimize Your Self? Didalamnya ada 7 kunci diri untuk mencapai KINERJA diri yang baik. Silahkan buka kembali link-nya untuk mengingat ketujuh poin tersebut.  http://trainerlaris.com/profiles/blogs/optimize-your-self-7-self-key-fauzinoerwenda.

Tujuh kunci diri merupakan salah satu cara agar kita mampu mencapai KINERJA yang baik. Nah untuk sekarang ini saya akan share kunci yang pertama yaitu, self mental.

Pikiran yang kita proses akan membentuk sebuah sikap mental, entah positif atau negative. Mental adalah hal yang fundamental bagi seseorang dalam menjalankan perannya. Setiap orang tentu punya target dalam hidup sehingga selalu berusaha melakukan pencapaian terbaik. Namun tak semua orang mampu mencapai pencapainnya terbaiknya. Pencapaian terbaik tidak selalu bicara hasil, namun lebih pentingnya adalah bicara proses.

Secara umum, ada dua sikap mental yang kita alami. Pertama, positif mental attitude dan kedua negative mental attitude. Mental positif adalah suatu sikap dimana seseorang mampu melihat segala hal dari sisi positif. Mental positif akan menambah kekuatan diri kita. Sebaliknya, mental negative adalah suatu sikap dimana seseorang melihat segala hal dari sisi negative. Mental negative hanya akan melemahkan diri kita.

Sayangnya, sebagian orang masih saja berkutat dengan mental negative. Contoh paling gampangnya adalah dengan seringnya membicarakan kejelakan orang lain. Padahal, sikap mental adalah titik tolak untuk mencapai KINERJA yang baik.

Oleh sebab itu, milikilah mental positif agar apa yang kita lakukan selalu bernilai positif sehingga berdampak dengan KINERJA yang semakin MEMBAIK.

Itulah pembahasan kunci pertama tentang self mental. Nantikan pembahan 6 kunci lainnya yang akan membantu kita untuk mencapai KINERJA yang baik.

@FauziNoerwenda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s