Optimize Your Self : 7 SELF KEY

Optimize Your Self : 7 SELF KEY

“Bukan KECERDASAN Anda melainkan SIKAP Andalah yang akan mengangkat Anda dalam kehidupan” -Anonymous-

Setiap orang terlahir dengan kemampuan yang luar biasa. Diantara satu individu dengan lainnya memiliki berbagai macam perbedaan. Tentu hal tersebut sudah termasuk dengan kelebihan dan kekurangan. Jadi sebetulnya setiap orang punya modal yang sama. Namun kenapa ada yang berhasil namun ada juga yang masih belum berhasil?

Salah satu jawabannya karena masih ada yang belum mampu mengoptimalkan kemampuan dirinya. Berdasarkan Kisdarto Atmosoeprapto dalam bukunya yang berjudul SDM Berdaya, salah satu cara untuk memperdayakan kemampuan diri adalah dengan memiliki sikap yang baik. Lalu bagaimana cara mengembangkan sikap yang baik sehingga kita punya kinerja yang baik?

Berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah berhasil serta dikutip dari beberapa sumber, maka saya menyimpulkan ada 7 kunci untuk mengoptimalkan diri. 7 kunci ini menjadi cara bagaimana diri mampu mengoptimalkan kekuatannya.

Adapun 7 kunci tersebut terdiri dari:

  1. Self Mental

Keberhasilan seseorang dalam meraih karir terbaiknya tentu dibutuhkan perjuangan yang sangat berat. Perjuangan adalah proses yang bagi sebagian besar orang adalah hal yang berat. Maka orang yang mampu melewati proses perjuangan adalah mereka yang memiliki mental yang kuat. Mental yang kuat pastilah mental positif, bukan mental negative.

Mental negative adalah gerbong awal yang membuat orang malas untuk bergerak. Belum apa-apa sudah menyerah. Sementara mental positif adalah gerbong yang membuat orang mau melangkah karena adanya rasa yakin terhadap kemampuan dirinya.

  1. Self Response

Setiap orang selalu beraktivitas dan selalu mempunyai makna dari setiap kejadian yang telah dilewati. Tentu kita sudah taka sing dengan istilah “sudah makan garam” atau berpengalaman. Orang yang umurnya lebih tua selalu memiliki pengalaman yang lebih yang membuat dirinya menjadi lebih bijak. Namun sebaliknya, karena mental hidupnya negative, ada juga yang membagikan kisah hidupnya kepada orang lain dengan hal negative.

Kedua hal tersebut bisa terjadi berhubungan dengan mental yang mereka pilih, positif atau negative. Pilihan mental itulah yang akhirnya membuat kita mengeluarkan RESPON dalam setiap kejadian.

  1. Self Behaviour

Keseharian seseorang dalam bersikap bisa menjadi tanda bagaimana kinerja dirinya dalam beraktivitas. Perilaku sehari-hari ini menjadi symbol atau kebiasaan yang akhirnya terbentuk. Ada 3 ciri orang yang akhirnya membentuk kebiasaannya.

a. Passive

Mencerminkan pribadi yang penuh konflik dengan dirinya sendiri. Ia sering menyalahkan dirinya sendiri, mengapa tidak sebaik atau seberhasil orang lain.

b. Aggressive

Mencerminkan pribadi yang penuh konflik dengan dirinya sendiri atau orang lain. Ia menyadari kemampuannya tidak sebaik orang lain, maka ia ingin agar orang lain tak terlihat mampu dari dirinya.

c. Assertive

Mencerminkan pribadi yang bebas konflik dengan orang lain atau diri sendiri. Ia mempunyai rasa Percaya Diri sehingga selalu optimis dalam menatap masa depan.

Nah dari ketiga ciri tersebut, Anda masuk golongan mana? Semoga kita semua bisa belajar menjadi orang yang assertive sehingga mempunyai rasa percaya diri yang baik.

  1. Self Awareness

Setiap orang sudah mempunyai track masing-masing dalam menjemput keberhasilnnya. Hal tersebut harus sudah diukur dengan kemampuan dirinya. Sayangnya masih saja ada orang yang tidak menyadari kemampuan dirinya.

Seperti pepatah mengatakan, “Semut disebrang lautan Nampak namun gajah dipelupuk mata tidak Nampak”. Seringnya kita melihat kelebihan orang lain namun mengabaikan kelebihan diri sendiri. Hal tersebut berdampak dengan kebingungan diri akan potensi dan kemampuan. Alhasil apapun yang kita rencanakan selalu melenceng karena kita sendiri bingung dengan kemampuan untuk mencapai rencana tersebut.

  1. Self Commitment

Faktor terbesar dari berhasilnya sebuah rencana adalah komitmen. Percuma kita punya rencana hebat, namun tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Tetap saja tidak akan tercapai. Komitmen ibarat tombol saklar. Saat kita ingin menyalakan lampu, maka nyalakanlah saklarnya. Persis ketika Anda menginginkan sesuatu tercapai, maka BERKOMITMENlah untuk mewujudkannya.

  1. Self Appreciate

Apresiasi merupakan salah satu bentuk syukur atas setiap kemampuan serta pencapaian yang kita miliki. Saat kita sudah mampu mencapai impian dalam kehidupan, tentu itu adalah prestasi. Namun saat hal itu menjadi kekecewaan boleh jadi kita tidak menghargai setiap prestasi dan pencapaian kita. Padahal ada banyak hal yang harus kita beri apresiasi. Jangan dulu bicara hal besar, hal kecil pun sudah sering dilupakan. Seperti berhasil bangun pagi, bernafas, makan, berjalan, bertemu keluarga dan lainnya. Haragilah setiap pencapaian kecil Anda sehingga pencapaian Anda akan terasa semakin besar.

  1. Self Act

Kunci terakhir untuk mengoptimalkan kekuatan diri adalah dengan beraksi. Aksi akan membuat kita merasakan sebesar apa kemampuan yang kita miliki. Jika kita tidak pernah bertindak, kita tidak akan pernah merasakan ukuran kemampuan kita. Aksi jika berhasil akan membuat kita semakin yakin dengan potensi diri. Namun jika gagal akan menjadi pelajaran sebagai bahan evaluasi.

Maka teruslah beraksi sembari meningkatkan level kualitas diri dengan belajar.

Itulah ketujuh kunci untuk mengoptimalkan setiap kemampuan diri. Ilmu jika hanya dibaca akan tetap menjadi ilmu. Namun jika diamalkan akan berbuah pengalaman yang membuat diri makin bijak. Teruslah belajar dan mulai rubah diri kita agar semakin berdaya sehingga apapun yang kita lakukan akan membuat diri semakin besar.

@FauziNoerwenda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s