Ukir Tinta Emasmu

Layaknya sebuah perjalanan, setiap insan tentu mempunyai peta tersendiri untuk mencapai setiap impiannya. Peta tersebut dibuat berdasarkan minat, bakat atau boleh jadi atas desakan lingkungan. Peta itulah yang nantinya akan menjadi petunjuk kemanakah langkah kaki akan berjalan. Membantu setiap langkah berjalan dengan yakin dan terarah pada satu tujuan.

Memang sangat terasa bedanya dengan orang yang tidak mempunyai peta. Alih-alih mengatakan bahwa hidupnya biarlah mengalir, tapi faktanya malah merasakan kebingungan dengan setiap langkah. Paling jelas hal itu terjadi pada sebagian rekan yang baru saja menjadi sarjana. Langkah selanjutnya mungkin antara bekerja, berwirausaha, melanjutkan study atau mungkin malah menganggur.

Bagi yang sudah punya peta, maka langkah akan terus terpacu walau terhalang oleh benteng besar. Namun bagi yang tak punya peta, kebingungan makin terasa. Bahkan untuk melamar pekerjaan pun bingung harus mengirim ke perusahaan apa, di posisi apa kita bekerja.

Allah memang sudah menakdirkan setiap hal dari yang kita lakukan. Namun kita belum tahu seperti apa masa depan kita kelak. Baik atau buruk hanya Allah yang tahu. Maka seyogyanya sebagai manusia, kita harus melakukan yang terbaik agar di masa depan nanti hasilnya pun mendapat yang terbaik.

Persoalan karir ataupun lainnya bisa kita mulai ukir dari sekarang. Sudah banyak orang sukses mengatakan bahwa apa yang mereka raih dimulai dari sebuah impian yang diwujudkan dengan langkah pertama. Lalu langkah selanjutnya hingga akhir adalah langkah yang penuh dengan rintangan, tantangan yang akan membuat kita terus maju atau malah menyerah.

Bahagia, sedih, bingung adalah contoh sikap yang kita tentukan sendiri. Buatlah sikap yang membuat hidup makin baik dan bahagia. Mulailah dari sekarang ukir tinta emasmu. Ibarat sebuah kertas kosong, maka ukirlah kertas tersebut dengan sebuah gambar indah yang disukai banyak orang. Begitupun dengan kehidupan, ukirlah setiap episode kehidupan dengan hal yang kita sukai yang nantinya akan banyak orang yang menyukai karena manfaat yang kita berikan.

Jikalau masih ada rasa bingung untuk memulai, maka berikanlah waktu bagi diri kita sejenak untuk merenung atas setiap maksud dan tujuan kita hidup di muka bumi ini. Saat kita semakin paham, maka sesungguhnya apapun yang kita kerjakan akan menjadi baik asalkan Allah ridho. Raihlah ridho Allah dari setiap hal yang kita kerjakan dan dari setiap mimpi yang akan kita ukir.

Selamat mengukir tinta emasmu kawan. Jadilah bintang yang mampu menyinari gelapnya malam dan menghangatkan saat dingin menyapa.

@FauziNoerwenda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s