Detak Impian – Coaching Boardgame

Detak jam terus berputar hingga mempertemukan kembali dengan bulan rajab. Di awal bulan rajab ini, saya mendapat hal spesial tatkala menyambangi kantor Ganesha Public Speaking. Salah satu guru kami di Ganesha Public Speaking yaitu Mas Surya Kresnanda mengajak kami untuk bermain coaching boardgame. Tentu kami yang penasaran dengan games tersebut akhirnya bersemangat untuk bermain yang ternyata sekaligus coaching.

Coaching boardgame adalah permainan yang diciptakan sebagai salah satu sarana dalam membantu proses coaching. Aslinya permainannya sangat seru dan selesai games tersebut kami benar-benar mendapat peta mengenai goals yang ingin kami raih. Agar goals dari hasil permainan coaching boardgame tadi makin terasa, ditugaskanlah kami untuk membuat sebuah narasi tentang goals yang kami buat selama permainan.

Goal saya adalah menjadi seorang trainer corporate untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dari segi perilaku di tahun 2018. Bagi saya goal ini sangat berharga dan layak diperjuangkan. Jika saya beri skala, 1 untuk terendah dan 10 untuk tertinggi, maka saya akan berikan angka 10 untuk goal saya. Mengapa demikian?

Dengan goal tersebut saya bisa terus belajar dan membuat diri lebih berkualitas. Tentunya apa yang saya lakukan sesuai dengan passion sehingga kehidupan saya menjadi lebih bahagia Karena juga bisa melihat orang bertumbuh dan terbantu dalam setiap langkah kehidupannya. Bahkan ketika nanti terwujud, artinya akan banyak SDM yang berkualitas dan berperan bagi perubahan lingkungannya. Hal ini akan menjadikan SDM tersebut sebagai partner yang akan terus meneruskan dan memperjuangkan visi yang sama yaitu menciptakan SDM yang berkualitas.

Orang bijak mengatakan bahwa setiap impian besar dimulai dari sebuah langkah pertama. Untuk mencapai goal tersebut, langkah pertama yang akan saya lakukan adalah bergabung dengan perusahaan training yang sudah sering memberikan training untuk corporate. Jikalau saya rinci dari segi waktu, 1 minggu dari sekarang saya harus mulai ikut merasakan training di corporate. Lalu 1 bulan dari sekarang harus sudah ada jadwal tetap sebagai training organizer di corporate. Sehingga target saya hal tersebut bisa terwujud pada 25 November 2018. Sebagai salah satu bukti bahwa goal itu terwujud adalah dengan seringnya saya mengisi training ke berbagai perusahaan besar di Indonesia.

Mencapai sebuah goal besar tentu dibutuhkan sebuah perjuangan yang besar pula. Akan banyak hal yang harus kita rubah agar kita punya habbit positif sehingga goal bisa tercapai. Seandainya ada hal yang menjadi kebiasaan negatif, boleh jadi hal tersebut menjadi penghambat dari perjalanan goal. Maka saya harus menghilangkan kebiasaan negatif yang sering terulang yaitu selalu menunda pekerjaan dan malas. Salah satu cara pamungkas dan pembuktian agar kebiasaan negatif hilang adalah dengan adanya artikel yang saya tulis sebanyak 20 artikel di setiap bulannya.

Sebuah kebiasaan baru memang harus dibangun agar diri ini pantas mendapatkan setiap goal yang dirancang. Agar semakin memudahkan, maka saya sudah membuat action plan untuk mewujudkan goal tersebut. Action plan ini berisi langkah serta waktu pelaksanaan dari setiap plan yang dirancang. Per tanggal 01 mei 2015 saya harus sudah bergabung dengan perusahaan training yang sering memberikan training ke corporate sehingga nantinya saya bisa langsung ikut serta dalam training. Dan kedepannya ada kegiatan rutin, dimana di hari kerja saya akan andil sebagai training organizer di perusahaan, sementara di akhir pekan saya akan andil untuk mengisi training.

Harapannya dengan hal tersebut, akan ada kekuatan yang lebih besar. Tak dapat dipungkiri, sinergi menjadikan kekuatan makin kuat. Namun faktor interna yang akan memiliki pengaruh paling besar. Sudah seyogyanya saya harus mengelola kebiasaan positif agar goal bisa mudah tercapai. Beberapa hal yang akan saya lakukan untuk mengelola kebiasaan positif adalah dengan rutin membaca buku 1 bulan sebanyak 4 buku, lalu setiap bulan akan menulis 20 artikel tentang personal development dan mulai meninggalkan kegiatan yang kurang produktif.

Melalui artikel dan curhatan ini, saya berkomitmen kepada coach yang memandu coaching boardgame yaitu Mas Surya serta 2 orang pemain yang ikut andil yaitu Panji Priambudi dan The Lina serta semua pembaca bahwa saya akan mewujudkan goal dengan mulai bergabung dengan perusahaan training yang sering memberikan training di corporate.

Terima kasih untuk Mas Surya Kresnanda yang sudah mengajak bermain coaching boardgame, terasa sekali feelnya lebih menyenangkan sehingga proses coaching jadi lebih asik. Terima kasih coach.

Semoga juga tulisan ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kawan-kawan semua. Selamat membaca.

Bandung, 20 April 2015

 

Fauzi Noerwenda

Leave a Reply

