Jadilah pribadi yang ADIL

Puzzle

Cara pandang kita terhadap sesuatu akan menentukan bagaimana kita menyikapi suatu keadaan. Hal tersebut akan berdampak pada suasana hati yang kita rasakan setiap harinya. Kali ini saya mau berbagi mengenai ADIL. Biar makin nyambung, silahkan Anda buka artikel tentang “Bermain Sudut Pandang”, http://trainerlaris.com/profiles/blogs/bermain-sudut-pandang.

Saat awal-awal saya mengisi training, pernah ada rasa minder tatkala dihadapkan dengan peserta yang umurnya jauh lebih tua serta posisinya yang keren abis seperti manajer. Untuk seorang pemula seperti saya, tentu hal tersebut membuat diri merasa tidak nyaman. Beruntung saat seperti itu, guru saya yang juga seorang direktur Ganesha Public Speaking yaitu Mas Taruna Perdana mengajarkan satu hal tentang prinsip puzzle. Puzzle memiliki 2 sisi, kepingan yang menjorok ke dalam dan kepingan yang menjorok keluar.

Jika dianalogikan, maka manusia pun mempunyai 2 sisi yang sama. Sisi positif sebagai kelebihan dan sisi negative sebagai kekurangan. Pada dasarnya perangkat kita sama, ada kelebihan da nada kekurangan. Seyogyanya apa yang membuat kita menjadi minder? Padahal siapapun orang yang kita hadapi adalah orang dengan 2 sisi yang sama.

Dari prinsip puzzle tersebut akhirnya saya menyadari bahwa ada banyak hal yang membuat kita harus terus bersyukur untuk berbagai anugerah yang Allah limpahkan. Prinsip puzzle itu akhirnya membuat saya semakin percaya diri untuk berbagi di dunia training. Sebagai pembicara, kita berbagi hal yang menjadi kelebihan kita dan biarkan kekurangan kita diisi oleh peserta training yang mempunyai kelebihan yang beragam. Lalu mengapa masih ada orang yang minder dan sombong? Apa sih beda keduanya?

Persamaan keduanya adalah mereka memandang dirinya tidak adil. Orang minder memandang dirinya serba kekurangan, sementara menganggap orang lain banyak kelebihan. Alhasil ya minder deh. Sementara orang sombong sebaliknya. Mereka memandang dirinya banyak kelebihan namun memandang orang lain itu hanya dari kelemahannya saja.

Jadi Anda mau menjadi orang minder atau sombong? Atau jangan-jangan ada yang merasa seperti itu? Hhhmm, semoga kita terhindar dari keduanya yah. Lalu yang baik seperti apa? Jawabannya jadilah orang yang percaya diri. Orang PEDE itu adalah orang yang adil. Orang yang memandang dirinya punya kelebihan dan kekurangan serta memandang orang lain pun punya kelebihan dan kekurangan. Asik kan? Inilah posisi yang semakin menguatkan saya untuk terus melakakan hal-hal yang saya kuasai untuk berbagi.

Adil memang sebuah sikap yang juga terlahir dan bagaimana sudut pandang kita. Menjadi pribadi yang adil itu menyenangkan karena semua hal kita anggap positif dan baik. Yuk mulai belajar jadi orang yang ADIL agar diri makin PEDE dan hidup makin bahagia.

@FauziNoerwenda

Advertisements

One thought on “Jadilah pribadi yang ADIL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s