Bermain Sudut Pandang

Bermain Sudut Pandang

Hidup adalah seni bagaimana cara kita menyikapi kehidupan, tutur guru saya di pondok saat menyampaikan ta’lim rutin. Hidup juga mengajak kita untuk memberi makna atas setiap kejadian yang sudah kita alami. Setiap detak jam yang bergulir adalah kehidupan yang sudah kita lewati, baik senang atau sedih. Namun seyogyanya kitalah yang mengerti makna dari yang sudah terjadi. Kitalah sang pembuat makna yang bemain dari sudut pandang.

Ada sebuah kisah menarik dari buku “Menyimak kicau, Merajut makna” karya Ustadz Salim A Fillah. Intinya ada seseorang yang pergi ke Arab dan mengatakan bahwa ternyata di Arab ada tempat perzinahan. Sementara ada seorang a’lim yang lama di Amerika, beliau mengatakan bahwa disana tidak ada sama sekali tempat perzinahan.

Apa yang dapat kita petik dari kisah diatas? Ternyata makna yang kita simpulkan itu berawal dari apa yang kita pikirkan, apa yang kita cari. Kalo kita mencari tempat perzinahan, ya itu yang kita cari dan kita dapat. Sebaliknya saat kita tidak mencari tempat perzinahan, ya gak akan pernah ketemu. Semua berawal dari sudut pandang yang mau kita arahkan.

Bermain sudut pandang itu sama artinya bermain hati. Sudut pandang kita berasal dari hati terdalam kita. Maka jangan biarkan hati kecil kita ternodai dengan hal dan kesalahan bodoh. Bersihkanlah hati kita dengan selalu mengingat-Nya.

Lihatlah para ulama dulu yang senantiasa membersihkan hatinya sehingga banyak kebaikan yang tersebar dengan mudah. Hati yang bersih membuat keputusan yang keluar pun bersih. Maka apapun kejadiannya, kita akan mengambil sudut pandang yang positif. Dalam ilmu NLP, kita mengenal Reframing. Bagaimana kita membingkai suatu kejadian dengan makna yang positif. Maka mulailah hal tersebut dengan membersihkan hati kita. Termasuk saat kita mengajar atau pun berbagi ilmu dalam panggung training. Mari awali dengan sudut pandang positif agar lisan yang tersampaikan dengan indah dan pendengar pun hanya mendengar hal-hal indah.

Selamat bermain sudut pandang untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis.

@FauziNoerwenda

Advertisements

One thought on “Bermain Sudut Pandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s