Kenalan Sama Istana Siak yuk!

Indonesia memang kaya akan sejarah. Kaya akan pemandangan serta alam yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Tanggal 13 Juli 2014 lalu saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi daerah Pekan Baru. Saya pergi bersama tim TELKOM PDC yaitu Bu Hendrati dan Mas Dani untuk memberikan training bagi karyawan Telkomsel area Pekan Baru.

Kami tiba di Pekan Baru satu hari sebelum training dimulai. Oleh karenanya kami gunakan untuk jalan-jalan di Pekan Baru. Ternyata supir mengajak kami ke Istana Siak. Ada yang pernah dengar Istana Siak? Saya jelasin dulu yah sejarahnya.  Berdasarkan informasi Om Wikipedia, Istana Siak Sri Inderapura merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Inderapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Kini istana yang juga dijuluki Istana Matahari Timur ini, masuk wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Siak.

Istana Siak memiliki arsitektur bercorak MelayuArab, dan Eropa. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Lantai bawah dibagi menjadi enam ruangan sidang: Ruang tunggu para tamu, ruang tamu kehormatan, ruang tamu laki-laki, ruang tamu untuk perempuan, satu ruangan di samping kanan adalah ruang sidang kerajaan, juga digunakan untuk ruang pesta. Lantai atas terbagi menjadi sembilan ruangan, berfungsi untuk istirahat Sultan serta para tamu istana. Di puncak bangunan terdapat enam patung burung elang sebagai lambang keberanian Istana. Sementara pada halaman istana masih dapat dilihat delapan meriam menyebar ke berbagai sisi-sisi halaman istana, kemudian di sebelah kiri belakang istana terdapat bangunan kecil yang dahulunya digunakan sebagai penjara sementara. (http://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Siak_Sri_Inderapura)

Berdasarkan informasi dari kunci, keturunan Sultan Syarif Hasim kini tinggal di Eropa sehingga tak ada lagi yang meneruskan kerajaan. Sayang bangetlah, padahal kerajaannya itu indah banget. Kental akan budaya islamnya. Banyak juga benda unik peninggalana kerajaan yang masih tersimpan disana loh. Mau tahu? Yuk sekarang kita lihat ada apa aja yah didalam kerajaannya.

Istana Siak

Tampak Depan Istana Siak

Foto pertama itu tampak keseluruhan Istana. Kokoh banget loh guys. Lalu ada apa lagi sih?

Istana Siak

Ruang Tamu Istana

Istana Siak

Ruang Sidang Istana

Istana Siak

Replika Sultan dan Ajudan Istana

Nah itu baru sebagian ruangan aja gus. Asik kan lihat Istana? Wah udah jarang lah kita bisa lihat momen kayak gitu. Eh masih ada foto yang lebih menarik loh. Siap yah lihat lagi.

Istana Siak

Kursi Emas Sultan

Kursi emas tersebut merupakan singgasana Sultan. Foto kursi tersebut ternyata hanya replika. Kursi emas asli tersimpan di Museum Nasional Jakarta.

Istana Siak

Mahkota Sultan

Nah yang diatas kepala saya itu Mahkotanya sultan. keren kan?

Istana Siak

Cermin Ratu

Cermin ajaib gak hanya di negeri dongeng loh? Istrinya Sultan juga punya loh. Tapi emang gak ajaib sih. Cermin ini udah ratusan tahun loh. Ajib banget kan..

Istana Siak

Tangga Istana

Ini dia tangga yang menjadi akses untuk menuju lantai 2 istana. Sekarang kembali ke luar istana yuk. Ada 2 lagi tempat yang mau saya tunjukin.

Istana Siak

Makam Sultan

Istana Siak

Mesjid Istana

Makam Sultan dan Mesjid Istana merupakan 2 tempat yang terpisah ada diluar. Dan itu artinya juga perjalana kami di Istana berakhir.

Banyak sekali ilmu dan hikmah yang kami dapatkana. Betapa hebatnya Indonesia di zaman dulu sehingga gaumnya sampai ke luar sana. Kini bagaimana?

Kitalah sebagai generasi muda yang harus membuat Indonesia kembali mengaum di mata dunia. Sekian dulu perjalanan saya kali ini di Istana Siak Pekan Baru. Sampe jumpa lagi di perjalanan selanjutnya.

 

Advertisements

2 thoughts on “Kenalan Sama Istana Siak yuk!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s