Tak-tik-boom

Tak-tik-boom

Deskripsi:

Peserta yang telah dibagi kelompok akan berkompetisi untuk menjadi kelompok yang terbaik dengan bertahan paling lama dalam menyebutkan “tak-tik-boom” dengan aturan tertentu.

 

Alat dan bahan:

[-]

 

Estimasi waktu:

Sekitar 20menit (bisa lebih tergantung kemampuan konsentrasi peserta)

 

Petunjuk pelaksanaan:

  • Ø Bagi peserta kedalam kelompok-kelompok, dengan populasi 10 orang per kelompok, peserta berlebih bisa dijadikan obeserver
  • Ø Minta tiap kelompok untuk berbaris  dalam s atu baris  memanjang ke belakang
  • Ø Berilah nomor tiap kelompok dari 1 sampai terakhir (jika peserta 100 orang berarti sampai kelompok 10)
  • Ø Berikan aturan permainan sebagai berikut:
    • Tiap kelompok akan bermain dengan menyebutkan “tak-tik-boom’
    • Aturan penyebutan tak-tik-boom adalah sbb:
      • Sebut nomor salah satu kelompok
      • Orang pertama pada kelompok itu (yg paling depan) harus mengatakan “tak”
      • Orang kedua (yang dibelakang orang pertama) kemudian mengatakan “tik”
      • Orang ketiga melanjutkan dengan “boom”
      • Orang keempat menyebutkan “tak”
      • Demikian seterusnya sampai orang ke-9
      • Orang kesepuluh tidak menyebutkan “tak” tapi menyebutkan nomor kelompok lain
      • Kelompok yang nomornya disebut harus menanggapi dengan cara yang sama yang dilakukan kelompok yang “menembak”nya
    • Kelompok akan kalah dan tidak bisa meneruskan permainan jika:
      • Tidak ber-tak-tik-boom saat nomor kelompoknya disebut
      • Menyebutkan nomor kelompok yang sudah kalah
      • Anggota kelompok ada yang salah dalam menjalankan tugas mengatakan tak-tik-boom (misal orang kelima berkata “boom” padahal seharusnay berkata “tik”)
  • Ø Permainan berakhir saat tinggal dua kelompok yang bertahan, dankedua kelompok itu dinobatkansebagai kelompok juara

 

Refleksi:

  • Ø Tanyakan pada kelompok yang kalah pertama kali mengenai kesulitan apa yang dihadapi
  • Ø Tanyakan juga pada kelompok yang juara kenapa bisa juara
  • Ø Analogikan permainan tersebut dengan kelompok yang diikuti oleh peserta:
    • Apa yang kira-kira dapat menjadi penghambat kinerja kelompok dalam berkordinasi?
      • Gunakan feecback dari peserta yang gagal
    • Apa pula yang dapat menjadipemacu kinerja kelompok?
      • Gunakan feedback dari peserta yang berhasil
  • Ø Simpulkan bahwa hal-hal tersbut adalah hal-hal yang akan dihadapi dalam berorganisasi atau berkelompok, bentuknya mungkin akan berbeda tapi esensinya akan tetap sama
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s