Inikah yang membuatku harus bertahan?

kampung halaman

Alkisah, ada seorang pemuda yang dari suatu kampung yang harus mengembara demi menuntut ilmu. Hal itu membuat dia harus meninggalkan kampung halaman yang dicintainya. Perasaannya sungguh berat meninggalkan kampung halaman dan pergi keluar sendiri. Namun demi tujuan mulia semua harus tetap dilaksanakan.

Waktu demi waktu terus dia tempuh, tak terasa sudah 3 tahun dia meninggalkan kampung halamannya. Walaupun terkadang saat ada kesempatan pemuda itu menyempatkan waktu untuk menengok kampungnya.

Suatu ketika dia kembali ke kampung halamannya. Ia bertemu dengan keluarga yang amat ia rindukan serta dapat kembali melihat kampung yang ia rindukan.

Disinilah muncul suatu problematika. Kisah yang menjadi awal cerita menyedihkan di kampungku. Ku dengar dari kabar yang berhembus bahwa kampung ini sudah tidak nyaman. Anak-anaknya sudah jarang mengaji, pemudanya lebih sering pacaran, tawuran, berjudi dan kegiatan negatif lainnya. Hingga antar tokoh masyarakatnya pun terjadi gap.

Kampung yang dulu penuh harapan ini kemana?

Kampung yang dulu penuh senyuman ini kemana?

Ya Allah, sungguh miris sekali. Tak ada satu pun warga yang perduli dengan keadaan ini tak terkecuali dengan salah satu tokoh masyarakat bernama Bapak Ukan (74). Beliau merupakan karuhun di kampung ini. Saat bertemu, beliau pun sedih dan bingung siapa nanti yang akan menjadi penerus di kampung ini? Jika tidak ada penerus, maka akan seperti apa nantinya.

Mendadak, darah ini mengalir dengan cepat, nafas terengah-engah, seakan diri ini ingin menjawab, tenang masih ada aku pak yang akan menjadi penerus disini.

Otakku dibuat berpikir. Selama ini aku bermimpi untuk menjadi trainer muda internasional. Mimpi yang sangat besar bukan? Tapi sungguh bodoh jika aku sampai melewatkan hal yang terkecil dan jelas nampak dihadapanku.

Dari situ aku belajar dan terus berpikir. Ya Allah, inikah alasan untukku kembali ke kampung halaman? Berikanlah jalan terbaik agar setiap langkahku menjadi ibadah kepada-Mu. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s