Apa itu kebahagiaan?

kebahagiaan            Kebahagiaan. Suatu topik yang sangat kompleks untuk dibahas. Berbicara tentang kebahagiaan. Siapa sih orang yang tidak menginginkan hal ini? Dari anak kecil hingga orang dewasa pun pasti menginginkan kebahagiaan. Lantas mengapa harus dengan kebahagiaan?

Ada sebuah cerita yang akan menggambarkan jawaban untuk pertanyaan diatas. Ada seorang anak kecil yang hidup sendiri. Sejak kecil ia tidak tahu dimana orang tuanya. Hingga akhirnya ia masih beruntung karena diurus di sebuah panti asuhan anak. Suatu ketika ada pengunjung yang selalu rutin datang ke panti untuk sekedar berbagi. Pengunjung tersebut bernama Pak Galih.

Pak Galih bertemu dengan anak tersebut dan mulai mencoba berkenalan. Singkat cerita, anak tersebut ternyata punya sesuatu yang khas. Saat ditanya mau hadiah apa dia tidak mau sama sekali. Mainan, boneka, makanan dan hadiah lainnya pun tak mau ia terima. Dan yang paling aneh saat dia malah meminta foto keluarga dari bapak tersebut.

Kejadian inilah yang tidak akan pernah dilupakan oleh Pak Galih. Saat ditanya mengapa harus foto keluarga? Gina menjawab bahwa ia hanya ingin menunjukan foto ini pada teman-temannya agar nanti ia tidak diejek lagi oleh teman-temannya karena tidak punya keluarga.

Sungguh kisah yang sangat menyentuh. Pak Galih sangat bersyukur bisa bertemu Gina yang telah mengajarkan kebahagiaan.

Sudah ada bayangan kah tentang kebahagiaan? Lantas sekarang, apa itu kebahagiaan? Dulu saya berpikir bahwa kebahagiaan itu saat kita mampu mewujudkan segala impian kita. Saat kita mampu untuk selalu menjadi pemenang. Memang itu semua membahagiakan. Namun kebahagiaan itu hanya sementara karena semua pasti berlalu.

Lalu bagaimana kebahagiaan itu tercipta? Yang pasti kebahagiaan itu akan punya makna yang berbeda. Hanya kita sendirilah yang menentukan mana kebahagiaan atau bukan. Namun bagi saya kebahagiaan adalah saat dimana saya dan keluarga bisa berkumpul dan saling bercengkrama dengan akrab. Kebahagiaan bagi saya adalah saat saya bisa istiqomah beribadah kepada Allah hingga menimbulkan ketenangan dalam batin ini. Dan masih banyak kebahagiaan-kebahagiaan lainnya. Namun hal itu sudah mewakili kebahagiaan yang lainnya.

Sahabat semua, temukanlah kebahagiaan dalam dirimu. Kebahagiaan itula yang akan membuat dirimu menjadi berharga. Jika kau sulit menemukan itu, bercerminlah. Karena sesungguhnya dalam diri kita itu semuanya adalah kebahagiaan. Bentuk rasa syukurlah yang akan membuat hidup kita terus berbahagia.

Selamat berbahagia sahabat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s