Bentukan Masa Lalu

            Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Penyayang. Dengan izin-Nya hari ini tanganku kembali tergerak untuk menuliskan sebuah hal yang ingin saya share dengan sahabat-sahabat semua.

Entah mengapa hari ini saya tergerak untuk berbagi tentang sebuah cerita yang sering kita rasakan namun ternyata hal itu kadang berakibat buruk.

Kehidupan kita tak pernah lepas dari adanya kehadiran orang lain. Sebagai makhluk sosial tentunya kita akan terus berinteraksi dengan semua orang. Maka tak heran mengapa lingkungan memberi pengaruh pada kehidupan seseorang. Ibarat kata, jika seseorang bergaul dengan tukang asin, maka ia akan bau asin. Atau jika ia bergaul dengan tukang parfum, maka ia akan bau parfum.

Namun lingkungan seperti apa yang harus kita pilih? Pada kenyataannya banyak orang yang terjebak dengan lingkungan yang kurang baik. Mereka terus terpengaruh dengan pikiran-pikiran dari lingkungannya.

Yang tidak diharapkan saat pengaruh itu adalah bentukan pikiran masa lalu yang buruk. Sebagai contoh, ada sebuah keluarga yang kurang harmonis. Ayahnya sosok yang egois. Apapun yang ia lakukan selalu mengedepankan rasa egoisnya. Ibu yang cerewet membuat rumah selalu ramai tidak jelas. Ditambah anak-anaknya yang selalu membangkang pada kedua orang tua.

Sungguh ironis, akhirnya keluarga tersebut tidak bahagia. Lantas mengapa hal itu terjadi? Ternyata, apa yang mereka lakukan merupakan bentukan dari pikiran masa lalunya. Sifat egois dari ayahnya merupakan hasil dari contoh yang ayahnya lihat di masa lalunya. Ibu yang cerewet karena dulu sang ibu selalu diomeli oleh ibunya juga. Anaknya yang membangkang karena terpengaruh dari lingkungan yang buruk.

Sungguh pikiran kita sangat peka. Apa yang terjadi tadi bukanlah kesalahan satu pihak, melainkan kita sebagai pihak yang sudah mengerti yang seharusnya memberi tahu.

Maka dari itu, mari sama-sama kita bentuk pikiran positif hingga akhirnya bermuara menjadi kehidupan yang positif.

keluarga tidak harmonis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s