Psikologi Pasar

Kehidupan di zaman globalisasi sangat begitu kompleks. Pengorbanan yang dilakukan setiap orang menjadi sangat besar. Pendapatan yang didapatkannya tidak sebanding dengan pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Sadar akan hal itu, akhirnya orang-orang mulai berpindah jalur menuju dunia bisnis.

Dunia bisnis memang sangat menjanjikan keuntungan yang luar biasa besar, namun juga bisa membuat orang langsung terjatuh. Orang-orang terkaya di dunia pun berasal dari dunia bisnis, sebut saja Warren Buffet dan Bill Gates. Kisah sukses mereka pula yang membuat orang berbondong-bondong untuk mulai melakukan bisnis, termasuk di Indonesia.

Keadaan di Indonesia bahkan sangat mendukung ketika pemerintah mengeluarkan program untuk menggalakan wirausaha. Akhirnya orang-orang dari berbagai kalangan pun memulai bisnis. Ternyata dari semua orang yang memulai bisnis tersebut, tidak semua orang mampu bertahan. Banyak juga yang akhirnya jatuh dan gagal. Ternyata setelah diteliti, yang menyebabkan bisnis itu gagal atau berhasil terletak pada marketing dan selling.

            Marketing dan selling bisa dikatakan sebagai tombak perusahaan. Semakin banyak selling, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Untuk itu, orang-orang perlu benar-benar memahami dunia marketing dan selling sebelum mereka terjun di lapangan. Ada sebuah konsep yang luar biasa dalam penjualan, konsep itu dinamakan psikologi pasar. Konsep ini akan menjelaskan bagaimana cara pertama kali kita menjual hingga akhirnya terjadi transaksi.

Misalnya kita akan menjual suatu produk, sebut saja training public speaking. Tujuan kita tentunya bagaimana mendapatkan peserta untuk ikut dalam training kita. Maka yang harus kita lakukan adalah selling. Ada beberapa tahapan yang bisa membuat selling kita menjadi lebih efektif.

            Pertama, memberikan tahu kepada masyarakat tentang produk kita. Awalnya masyarakat tidak mengetahui tentang produk kita. Maka ditahap ini pemasar harus memberi tahu kepada banyak orang tentang produk yang kita miliki. Setelah diberi tahu, maka otomatis orang-orang akan  tahu.

            Kedua, membuat orang-orang tertarik dengan produk kita. Orang-orang yang sudah tahu dengan produk kita belum tentu mereka akan suka dengan yang kita tawarkan. Maka disini perlu diberi tahu apa  dari produk kita dibandingkan dengan produk yang lainnya. Misal training kita akan membantu peserta hingga benar-benar bisa tampil di depan umum.

            Ketiga, membuat orang-orang merasa butuh. Orang-orang yang tertarik tadi terus diberikan hal-hal yang mereka merasa bahwa mereka butuh produk kita. Bisa dengan melihat fakta-fakta yang terjadi atau kaitkan dengan dampak yang akan didapatkan jika membeli produk kita. Misal, banyak orang yang sukses karena karir mereka didukung dengan kemampuan public speaking yang bagus.

            Keempat, membuat orang-orang menjadi terdesak untuk membeli. Banyak orang yang membeli sesuatu bukan karena keharusan, melainkan karena kita membuat calon pembeli merasa terdesak untuk membeli. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi tahu dampak positif dengan menggunakan produk kita. Misal, dengan mengikuti pelatihan public speaking, maka akan membantu peserta untuk lebih cepat berkembang di karirnya serta mendapatkan lingkungan yang positif.

            Kelima, terjadilah transaksi. Tahapan yang dilakukan tadi akan membuat calon pembeli semakin dekat dengan produk kita. Maka saat itu terjadi, transaksi akan terjadi dan akhirnya orang-orang membeli produk kita.

Itulah kelima alur yang bisa kita gunakan saat melakukan penjualan. Tahapan itu akan sangat membantu, karena nantinya kita tidak hanya sekedar menjual namun juga membuat orang masuk dalam psikologi pasar yang baik. Selamat mengaplikasikan alur psikologi pasar dan rasakan sensasi saat produk kita semakin banyak yang terjual.

Psikologi pasar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s