SKS

Apa yang terpikir dengan sahabat semua dengan kata itu ? Apakah sistem kredit semester ? Ataukah sistem kebut semalam ? Hhhmm, yang jelas jawabannya buka itu. SKS inilah yang selalu membuat saya tersenyum saat menghadapi hari-hari.

S” yang pertama adalah semangat. Semangat adalah hal yang penting dalam melakukan action dalam kehidupan. Dengan semangat, maka kita akan lebih energik. Dengan semangat itu pula, orang-orang akan memandang bahwa kita memang serius mewujudkan mimpi yang telah kita tuliskan. Maka, milikilah semangat yang 100 %.

K” disini bermakna komitmen. Setelah di teliti ternyata orang yang berhasil itu adalah mereka yang berkomitmen. Sementara yang lain hanyalah orang-orang bertipe NATO, Not Action Talk Only. Perlu sahabat semua, ada 3 tipe manusia dalam kehidupan ini.

Manusia tipe pertama yaitu orang-orang yang sekedar INGIN. Mereka hanyalah orang-orang yang pandai berkata-kata, tapi mereka tidak pernah melakukan action untuk mewujudkannya. Manusia tipe pertama ini jauh dari kata-kata sukses.

Manusia tipe kedua yaitu orang-orang yang MEMILIH. Mereka selalu memilih-milih untuk sukses. Sebagai contoh, saat dia ingin jadi pengusaha maka seharusnya dia berjuang untuk memulai bisnis. Nah mereka orang-orang yang bertipe MEMILIH, mereka akan memilih apakah saya akan mulai bisnis atau tidak. Kalo saya bisnis terus nanti rugi bagaimana ? Saat ada pelatihan bisnis, dia berpikir, “aduh uang saya kan untuk nonton.” Mereka terus mencari alasan untuk terus memilih. Alhasil orang seperti ini pun jauh dari kesuksesan.

Manusia tipe ketiga yaitu orang-orang yang KOMITMEN. Mereka inilah yang nantinya akan berhasil. Orang-orang komitmen yaitu mereka yang perkataannya selaras dengan aksi nyata yang dilakukannya. Kesuksesan mendekat kepada orang-orang yang KOMITMEN. Lantas , manusia bertipe seperti apa kita ? Semoga kita semua termasuk orang-orang yang berkomitmen.

S” yang terakhir adalah sabar. Inilah tahapan yang paling sulit orang-orang lakukan. Saat kita sudah memiliki semangat lalu berkomitmen dengan aksi hebatnya, maka sesungguhnya keberhasilan sudah di depan mata. Hanya saja kesuksesan itu tidak akan langsung diberikan. Allah akan menahannya terlebih dahulu. Jika dia sabar, maka kesuksesan itu akan diraihnya. Namun jika rasa sabar itu tak jua hadir, maka kesuksesan itu akan pergi meninggalkannya. Sesuai dengan firman Allah dalam qur’an surat al-baqoroh ayat 45 yang berbunyi :

 “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu. (QS. 2 : 45)”

Maka, milikilah rasa sabar untuk menunggunya.

mengukir bintang kehidupan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s